Velodrome Rawamangun Siap Digunakan

Velodrome Rawamangun bakal dipakai sebagai arena balap sepeda Asian Games XVIII Agustus 2018 mendatang.

Proyek Jakarta International Velodrome (JIV) tersebut dikerjakan oleh Jakpro (PT Jakarta Propertindo) sebagai kontraktor pelaksana dan pengembang, sedangkan sub-kontraktornya adalah perusahaan asal Inggris. Khusus untuk lintasan dikerjakan oleh kontraktor Jerman yang terdiri dari 12-14 orang.

Arena balap sepeda senilai Rp665 miliar yang terletak di Jakarta Timur itu memperoleh sertifikasi arena velodrome tingkat dunia dari Persatuan Bersepeda Internasional (United Cycling Internasional - UCI). JIV mempunyai panjang lintasan 250 meter, lebar 7,1 meter, kemiringan maksimal 40 derajat.

Lintasan JIV menggunakan kayu Siberia Siprus asal Rusia yang diproses di Jerman, sebagai syarat standarisasi keamanan pebalap sepeda trek. Kayu tersebut dapat bertahan 25-30 tahun selama pengelola velodrome mampu menjaga tingkat kelembaban udara kurang dari 70 persen.

Kemiringan lintasan kayu harus sempurna dan penyambungannya dilakukan langsung tanpa pengampelasan. Debu sisa ampelas berbahaya untuk pebalap sepeda.

Kapasitas idealnya adalah 3500 penonton, terdiri dari 2500 kursi dan 1000 kursi cadangan. Jika termasuk penonton berdiri, kapasitasnya mencapai 5000 orang.

Asian Games XVIII akan dibuka pada 18 Agustus 2018 mendatang. Dengan motto "Energy of Asia", ajang olah raga negara-negara Asia tersebut bakal digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan, dan akan mempertandingkan 40 cabang.



Foto & Videografi: M Adimaja
Teks & Multimedia: Yudhi Mahatma
Soundtrack : Good Old Days (Joakim Karud)

Pewarta: M. Adimaja & Yudhi Mahatma | Editor:

Disiarkan: 17/05/2018 22:30